Jumat, 18 September 2015

latihan

Mengenal HTML, CSS, Javascript dan PHP untuk Web Designer Pemula | PT. erudeye Indonesia

Mengenal HTML, CSS, Javascript dan PHP untuk Web Designer Pemula

Pada  artikel sebelumnya telah dijelaskan bagaimana untuk bisa menjadi seorang web designer yang handal, dimana salah satu caranya adalah dengan mempelajari HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Untuk itu sekarang, kami akan sedikit mengulas mengenai hal tersebut dengan memberikan pengertian-pengertiannya kepada Anda yang mungkin tertarik untuk mempelajari tentang web design.

 

  • HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML merupakan bahasa dasar pembutan web.  HTML bukan bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP.  HTML menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hypertext  sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII (American Standard Code for Information Interchange) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.  

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

  1. Struktural . Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, < h1> Rules</h1> akan memerintahkan peramban untuk menampilkan "Rules" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
  2. Presentasional . Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, < b> boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan
  3. Hyperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, < a href="http://www.erudeye.id/"> Erudeye</a> akan menampilkan erudeye.id sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
  4. Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (< button>), list (< li>), dan garis horizontal (< hr>). Konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan link pada suatu kelompok kata atau frasa untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web

 

  • CSS (Cascading Style Sheet)

CSS merupakan kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan halaman HTML. Dengan CSS kita bisa mengubah desain dari text, warna, gambar dan latar belakang dari hampir semua kode tag HTML. CSS dan HTML saling melengkapi, HTML ditujukan untuk membuat struktur, sedangkan CSS digunakan untuk mengubah tampilan. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

 

Didalam CSS kita dapat mengendalikan ukuran gambar, warna teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.  CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

 

 

  • Javascript

Javascript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar web browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain. Javascript adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language . Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang prosesnya dilakukan oleh client, yang dalam hal ini adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox.

 

Javascript pada awalnya berfungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu pemrosesan di web server.  Dalam perkembangan selanjutnya, Javascript dibuat untuk berbagai keperluan yang lebih modern seperti animasi, fitur chatting, efek-efek modern, games, dan lain-lain. Saat ini dalam perkembangannya, Javascript sering sekali mengalami masalah, kode Javascript yang telah kita buat, mungkin bisa saja tidak bekerja di beberapa browser, namun Javascript akan tetap menjadi kebutuhan seorang programmer, apalagi untuk situs yang saat ini mengharuskan memiliki banyak fitur modern sebagai standar.

 

 

  • PHP (PHP: Hypertext Preprocessor)

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server, berbeda dengan Javascript yang diproses pada web-browser (client). PHP dapat digunakan dengan gratis dan bersifat open source.

 

Untuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML dan CSS ini dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.

 

Sebagai perbandingan, website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll.

 

Untuk pembuatan web, kode PHP biasanya di sisipkan kedalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemrograman script. PHP tidak hanya dapat melakukan hal tersebut, masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan PHP, seperti menginput data ke database, menghasilkan gambar, menkonversi halaman text menjadi PDF, management cookie dan session, dan hal lainnya.

 

Demikian sekilas ulasan kami mengenai HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Semoga dapat membantu Anda yang memiliki minat untuk mempelajari web design. Selamat mencoba!

 

#Pazcal #WorkForYou #Efisien #Reliable

 

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript

http://id.wikipedia.org/wiki/Cascading_Style_Sheets

http://id.wikipedia.org/wiki/HTML

http://id.wikipedia.org/wiki/PHP

http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-javascript-pengertian-dan-fungsi-javascript-dalam-pemograman-web/

http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-css-part-1-pengertian-css-apa-yang-dimaksud-dengan-css/

http://www.duniailkom.com/belajar-html-pengertian-html/

http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/

 

ARTIKEL TERKAIT:

Menjadi Web designer yang Handal

Ketrampilan yang Harus Dimiliki IT Professional

Mengapa Pilih Cloud Storage?

Mengamankan Data pada Cloud Storage

 

 


Innovation partner in enabling cloud technology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar